Karyawisata adalah kunjungan ke suatu tempat
atau objek dalam rangka memperluas pengetahuan dalam hubungan dengan
pekerjaan seseorang atau sekelompok orang. Metode karyawisata hampir sama dengan pembelajaran outdoor yaitu aktivitas pembelajaran sama-sama dilaksanakan di luar kelas. Perbedaannya adalah karayawisata
biasanya bukan sebatas mengajak siswa keluar kelas, tetapi lebih jauh
dari kelas atau sekolah dalam rangka mengunjungi tempat-tempat yang ada
hubungannya dengan materi pelajaran. Sedangkan pembelajaran outdoor sifatnya lebih sederhana dan biasanya lokasi kunjungan masih di sekitar sekolah.
Dalam pelaksanaannya, metode karyawisata lebih disukai siswa. Namun yang sering terjadi di lapangan, siswa belum memiliki panduan belajar yang cukup sehingga hasil dari kegiatan tersebut kurang dirasakan manfaatnya. Disinilah perlunya peran guru untuk mempersiapkan perencanaan yang baik agar hasil yang dicapai benar-benar menjadi pengalaman siswa yang dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Langkah-langkah metode karya wisata:
1. Kemampuan yang harus dimiliki guru yaitu:
Dalam pelaksanaannya, metode karyawisata lebih disukai siswa. Namun yang sering terjadi di lapangan, siswa belum memiliki panduan belajar yang cukup sehingga hasil dari kegiatan tersebut kurang dirasakan manfaatnya. Disinilah perlunya peran guru untuk mempersiapkan perencanaan yang baik agar hasil yang dicapai benar-benar menjadi pengalaman siswa yang dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Langkah-langkah metode karya wisata:
- Menetapkan kompetensi yang akan dicapai siswa
- Merencanakan tujuan
- Merumuskan kegiatan yang akan dilakukan
- Melaksanakan kegiatan
- Menilai kegiatan
- Melaporkan hasil kegiatan
1. Kemampuan yang harus dimiliki guru yaitu:
- Menentukan tempat atau objek wisata yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Merencanakan dan mempersiapkan panduan siswa dalam melaksanakan karyawisata
- Mempersiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan
- Membimbing dan mengontrol aktivitas siswa saat berkaryawisata
- Menilai hasil kegiatan
- Memahami dan melaksanakan panduan siswa yang diberikan guru
- Belajar secara mandiri atau berkelompok
- Menggunakan peralatan dan bahan yang diperlukan
- Menyusun laporan hasil karyawisata
- Materi pelajaran lebih relevan dengan kenyataan
- Mendekatkan siswa dengan alam
- Tumbuhnya minat, rasa senang, kreativitas, dan motivasi belajar
- Memberikan pengalaman nyata, konkret, dan praktis kepada siswa
- Penerapan pembelajaran modern
- Memerlukan alokasi waktu yang banyak
- Memerlukan bimbingan dan pengawasan yang ketat terhadap kreativitas siswa
- Memerlukan biaya yang mahal
- Kerap terjadi lebih banyak unsur rekreasi ketimbang studi
0 komentar:
Posting Komentar