I. IMAM ABU HANIFAH
Imam Abu Hanifah bernama lengkap An-Nu`man bin Sabit bin Zuta At-Taymiy. Imam
Abu Hanifah adalah pengasas Mazhab Hanafi. Beliau dilahirkan pada tahun
80 Hijrah (699 Masehi) di sebuah perkampungan bernama Anbar di sekitar
bandar Kufah, Iraq. Beliau hidup di zaman pemerintahan Khalifah Abdul
Malik Bin Marwan, Khalifah Bani Umaiyah yang kelima. Beliau berketurunan
Farsi dan ayahnya seorang peniaga kain.
Kemasyhuran nama Abu Hanifah menurut para ahli sejarah ada beberapa sebab :
1. Karena ia mempunyai seorang anak laki-laki yang bernama Hanifah, maka ia diberi julukan dengan Abu Hanifah.
2. Karena
semenjak kecilnya sangat tekun belajar dan menghayati setiap yang
dipelajarinya, maka ia dianggap seorang yang hanif
(kecenderungan/condong) pada agama. Itulah sebabnya ia masyhur dengan
gelaran Abu Hanifah.
3. Menurut
bahasa Persia, Hanifah bererti tinta. Imam Hanafi sangat rajin menulis
hadith-hadith, ke mana, ia pergi selalu membawa tinta. Kerana itu ia dinamakan Abu Hanifah.
Beliau
dibesarkan di kota Kufah dengan kehidupan yang senang dan mewah. Sejak
kecil beliau sudah terdidik dalam urusan perniagaan dan mendapat
kemudahan untuk menuntut ilmu. Ini menjadikannya seorang saudagar yang
berpengetahuan tinggi dan berpegang teguh dengan hukum Allah. Beliau
seorang yang berakhlaq mulia, pemurah, ikhlas, berani, suka memberi
nasihat, rajin berusaha dan bercita-cita tinggi. Beliau sering bangun malam untuk mengerjakan salat malam dan membaca Al-Qur’an.
Ulama yang mengikuti mazhab Abu Hanifah
lebih dikenal dengan ulama Hanafiyah. Diantaranya mereka yang terkenal
adlah Abu Yusuf, Muhammad bin Hasan, Hasan bin Ziyad, dan lainnya. Mazhab
Hanafiyah telah menyebar ke berbagai wilayah Islam, seperti Baghdad,
Persia, India, Bukhara, Yaman, Mesir, dan Syam. Mazhab Hanafiyah juga
adalah mazhab yang paling banyak dianut pada masa Dynasti ‘Abbasiyah.
Metode yang digunakan Beliau dalam menetapkan hukum (istinbat) berdasarkan pada tujuh hal pokok
1. Al Quran sebagai sumber dari segala sumber hukum.
2. Sunnah Rasul sebagai penjelasan terhadap hal hal yang global yang ada dalam Al Quran.
3. Fatwa
sahabat (Aqwal Assahabah) karena mereka semua menyaksikan turunnya ayat
dan mengetahui asbab nuzulnya serta asbabul khurujnya hadis dan para
perawinya. Sedangkan fatwa para tabiin tidak memiliki kedudukan
sebagaimana fatwa sahabat.
4. Qiyas (Analogi) yang digunakan apabila tidak ada nash yang sharih dalam Al Quran, Hadis maupun Aqwal Asshabah.
5. Istihsan
yaitu keluar atau menyimpang dari keharusan logika menuju hukum lain
yang menyalahinya dikarenakan tidak tepatnya Qiyas atau Qiyas tersebut
berlawanan dengan Nash.
6. Ijma’ yaitu kesepakatan para mujtahid dalam suatu kasus hukum pada suatu masa tertentu.
7. ‘Urf
yaitu adat kebiasaan orang muslim dalam suatu masalah tertentu yang
tidak ada nashnya dalam Al Quran, Sunnah dan belum ada prakteknya pada
masa sahabat.
Imam Abu Hanifah wafat dalam bulan
Rejab tahun 150 hijrah (767 Masihi) dalam usia 70 tahun iaitu semasa
pemerintahan Khalifah Abu Jaafar Al Mansur, Khalifah Abbasiyah yang
kedua. Jenazah ulama agung ini dimaqamkan dengan penuh penghormatan oleh
puluhan ribu umat Islam di tanah perkuburan Al Khaizaran di kota
Baghdad.
II. IMAM MALIK
Imam Malik bernama lengkap Abu Abdullah Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amr bin Haris bin Gaiman bin Kutail
bin Amr bin Haris Al Asbahi. Beliau digelar Syaykhu l-Islam, Hujjatu
l-Ummah, dan Imam Daru l-Hijrah. Ayahnya ialah Abu `Abdi Llah, Ibunya
bernama `Aliyah binti Syarik Al-Azdiyyah. Beliau
dilahirkan di Madinah pada tahun 93H/713M, yaitu pada tahun kematian
Anas khadam Rasulu Llah. Imam Malik meninggal dunia pada pagi hari Ahad
dalam bulan Rabi`u l-Awwal tahun 179H/ 789M ketika berusia 89 tahun dan
dimakamkan di perkuburan Baqi`, Madinah. Datuknya yang pertama, iaitu
Malik bin `Amir adalah golongan `ulama’ tabi`in yang terkemuka.
Moyangnya, `Amir bin Al-Haris adalah seorang sahabat dan pernah
berperang bersama-sama dengan Nabi Muhammad.
Imam
Malik seorang yang banyak mendampingi `ulama’ Madinah sejak kecil.
Ingatannya sangat kuat sehingga dapat menghafaz Al-Qur’an dan Hadis
sejak kecil. Beliau merupakan seorang Imam dalam hadis dan riwayatnya
dipercayaï. Beliau berguru dengan lebih daripada 900 orang guru daripada
kalangan tabi`in dan tabi` tabi`in. Gurunya yang pertama ialah Imam
`Abdu r-Rahman bin Hamzah. Beliau pernah mempelajari ilmu hadis daripada
Ibnu Syihab Az-Zuhriy dan ilmu ar-ra’y daripada Rabi`ah bin `Abdu
r-Rahman. Diantara guru-gurunya yaitu: Ayyub bin Abi Tamimah
As-Sikhtiyaniy, Ja`far bin Muhammad
As-Sadiq, Humayd At-Tawil, Dawud bin Al-Husayn, Zayd bin Aslam, Salim
Abu n-Nadhr, Sa`id bin Abi Sa`id Al-Maqburiy, Abi Hazim Salmah bin Dinar
Al-Madaniy, Suhayl bin Abi Salih, `Amir bin `Abdi Llah bin Az-Zubayr,
`Abdu Llah bin Dinar, `Amr bin Yahya bin `Ammarah Al-Maziniy, Muhammad
bin Muslim bin Syihab Az-Zuhriy, Nafi` Mawla Ibnu `Umar, Hisyam bin
`Urwah, Yahya bin Sa`id Al-Ansariy.
Kecintaannya kepada ilmu
menjadikan hampir seluruh hidupnya diabdikan dalam dunia pendidikan,
tidak kurang empat Khalifah, mulai dari Al Mansur, Al Mahdi, Harun
Arrasyid dan Al Makmun pernah jadi muridnya, bahkan ulama ulama besar
Imam Abu Hanifah dan Imam Syafi’i pun pernah menimba ilmu darinya,
menurut sebuah riwayat disebutkan bahwa murid Imam Malik yang terkenal
mencapai 1.300 orang. Ciri pengajaran Imam malik adalah disiplin,
ketentraman dan rasa hormat murid terhadap gurunya.
Karya Imam malik terbesar
adalah bukunya Al Muwatha’ yaitu kitab fiqh yang berdasarkan himpunan
hadis hadis pilihan, menurut beberapa riwayat mengatakan bahwa buku Al
Muwatha’ tersebut tidak akan ada bila Imam Malik tidak dipaksa oleh
Khalifah Al Mansur sebagai sangsi atas penolakannya untuk datang ke
Baghdad, dan sangsinya yaitu mengumpulkan hadis hadis dan membukukannya,
Awalnya imam Malik enggan untuk melakukannya, namun setelah dipikir
pikir tak ada salahnya melakukan hal tersebut Akhirnya lahirlah Al
Muwatha’ yang ditulis pada masa khalifah Al Mansur (754-775 M) dan
selesai di masa khalifah Al Mahdi (775-785 M), semula kitab ini memuat
10 ribu hadis namun setelah diteliti ulang, Imam malik hanya memasukkan
1.720 hadis.
Selain kitab tersebut, beliau juga mengarang buku Al Mudawwanah Al Kubra.
Imam malik tidak hanya meninggalkan warisan buku, tapi juga mewariskan Mazhab fiqhinya di kalangan sunni yang disebut sebagai mazhab Maliki, Mazhab ini sangat mengutamakan aspek kemaslahatan di dalam menetapkan hukum, sumber hukum yang menjadi pedoman dalam mazhab Maliki ini adalah Al Quran, Sunnah Rasulullah, Amalan para sahabat, Tradisi masyarakat Madinah, Qiyas dan Al Maslaha Al Mursal ( kemaslahatan yang tidak didukung atau dilarang oleh dalil tertentu.
Imam malik tidak hanya meninggalkan warisan buku, tapi juga mewariskan Mazhab fiqhinya di kalangan sunni yang disebut sebagai mazhab Maliki, Mazhab ini sangat mengutamakan aspek kemaslahatan di dalam menetapkan hukum, sumber hukum yang menjadi pedoman dalam mazhab Maliki ini adalah Al Quran, Sunnah Rasulullah, Amalan para sahabat, Tradisi masyarakat Madinah, Qiyas dan Al Maslaha Al Mursal ( kemaslahatan yang tidak didukung atau dilarang oleh dalil tertentu.
Mazhab Malikiyah terus dikembangkan oleh para pengikutnya dan menyebar ke banyak wilayah negeri Islam hingga ke
arah Barat menemui wilayah Mesir, Afrika, Andalusia, dan Ujung Maroko
yang dekat ke Eropa. Begitu pula ke wilayah Timur, seperti Bashrah,
Baghdad, dan lainnya.
III. IMAM SYAFI’I
Imam
Syafi’I bernama langkap Muhammad bin Idris bin Al-`Abbas bin `Usman bin
Syafi` bin As-Sa’ib dan nasabnya sampai kepada `Abdu Manaf datuk Nabi.
Dan ibunya masih merupakan cicit Ali bin Abi Thalib r.a. Beliau
dilahirkan di desa Gaza, masuk kota ‘Asqolan pada tahun 150 H/767 M.
Saat beliau dilahirkan ke dunia oleh ibunya yang tercinta, bapaknya
tidak sempat membuainya, karena ajal Allah telah mendahuluinya dalam
usia yang masih muda. Lalu setelah berumur dua tahun, paman dan ibunya
membawa pindah ke kota kelahiran nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi
wassalam, Makkah Al Mukaramah. Beliau meninggal dunia pada 29 Rajab tahun 204H/820M di Mesir.
Imam Asy-Syafi`iy mula-mula belajar Al-Qur’an ketika berusia lima tahun dan telah menghafaz Al-Qur’an ketika berusia tujuh tahun. Imam
Asy-Syafi`iy mempunyaï ingatan yang kuat, berkebolehan tinggi, dan
dapat menghafal semua pelajaran yang diajar. Diantara hal-hal yang
menunjukkan kecerdasannya antara lain:
1. Kemampuannya menghafal Al-Qur’an di luar kepala pada usianya yang masih belia, tujuh tahun.
Cepatnya menghafal kitab Hadits Al Muwathta’ karya Imam Darul Hijrah, Imam Malik bin Anas pada usia sepuluh tahun.
Cepatnya menghafal kitab Hadits Al Muwathta’ karya Imam Darul Hijrah, Imam Malik bin Anas pada usia sepuluh tahun.
2. Rekomendasi
para ulama sezamannya atas kecerdasannya, hingga ada yang mengatakan
bahwa ia belum pernah melihat manusia yang lebih cerdas dari Imam
Asy-Syafi`i.
3. Beliau diberi wewenang berfatwa pada umur 15 tahun.
Di
Madinah, Imam Asy-Syafi`iy belajar daripada Imam Malik bin Anas,
Ibrahim bin Abi Yahya As-Samiy, Muhammad bin Sa`id bin Abi Fudayl dan
`Abdu Llah bin Nafi` As- Sani`. Imam Asy-Syafi`iy menghafal kitab
Al-Muwatta’ Imam Malik ketika berusia 10 tahun semasa beliau di Makkah
dan belum lagi berjumpa dengan Imam Malik. Imam Asy-Syafi`iy telah
datang ke Iraq pada tahun 195H dan tinggal di sana selama dua tahun.
Para `ulama’ di sana telah belajar dengannya dan ramai antara mereka
telah bertukar kepada mazhab Asy-Syafi`iy daripada mazhab asal mereka.
Kemudian Asy- Syafi`iy telah kembali ke Makkah dan kemudian kembali ke
Baghdad pada tahun 198H dan tinggal di sana selama sebulan. Kemudian
Asy-Syafi`iy telah pergi ke Mesir sehingga dia mati. Asy-Syafi`iy mati
pada hari Juma`at pada penghujung bulan Rajab tahun 204H dan dikebumikan
di Al-Qarafah selepas `Asar.
Beliau
mewariskan kepada generasi berikutnya sebagaimana yang diwariskan oleh
para nabi, yakni ilmu yang bermanfaat. Ilmu beliau banyak diriwayatkan
oleh para murid- muridnya dan tersimpan rapi dalam berbagai disiplin
ilmu. Bahkan beliau pelopor dalam menulis di bidang ilmu Ushul Fiqih,
dengan karyanya yang monumental Risalah. Diantara sumbangannya yaitu:
1. Mengasaskan
kaedah-kaedah tertentu dalam mensabitkan hukum seperti menggunakan
hadis yang sahih untuk mengistinbatkan hukum tanpa melihat statusnya.
2. Tidak menerima kaedah istihsan.
3. Mempersempitkan penggunaan akal dalam mensabitkan sesuatu hukum.
4. Berijtihad mengikut tempat dan suasana.
5. Berhujah dengan golongan antihadis, disebut dalam kitab Ar-Risalah.
6. Sangat teliti dalam mengutarakan pandangan khususnya dalam masalah `ibadah.
7. Antara karangan beliau ialah Ar-Risalah, Al-Umm, Ikhtilafu l-Hadis, Al-Musnad
8. dan lain-lain.
Mazhab Syafi’iyah telah
memenuhi berbagai wilayah kota besar di Qatar selain penduduk asli dan
suku pedalaman. Mazhab Syafi’iyah juga berkembang di Palestina,
Kurdistan, dan Armenia.. begitu juga dengan para penganut Ahlus Sunnah
di Persia, Muslim di Wilayah Thailand, Philipina, Jawa dan sekitarnya,
India, Cina, Australia, Iraq, Hijaz, dan Syam bersama-sama dengan mazhab
lainnya.
IV. IMAM AHMAD BIN HANBAL
Namanya ialah Abu `Abdi Llah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal bin Asad bin Idris bin `Abdi Llah bin Hayyan
bin `Abdi llah bin Anas bin `Awf bin Qasit bin Mazin Ibnu Syayban bin
Zahl bin Sa`labah bin `Ukabah bin Su`b, bin `Aliy bin Bakv Wa’il bin
Qasit bin Wahb bin Afsiy Asy-Syaybaniy Al-Muruziy Az-Zahliy Al-
Baghdadiy. Beliau lahir di kota Baghdad pada bulan rabi’ul Awwal tahun
164 H (780 M), pada masa Khalifah Muhammad al Mahdi dari Bani abbasiyyah
ke III. Nasab Imam Ahmad kembali kepada Bani Syayban dan ia ialah suatu
qabilah daripada Bani Rabi`ah `Adnaniyyah yang bertemu nasabnya dengan
Nabi pada Nizar bin Ma`d bin `Adnan. Ayahnya meninggal dunia ketika
beliau masih berusia tiga tahun. Ibunya bernama Safiyyah binti Maymunah
binti `Abdu l-Malik Asy-Syaybaniy. Beliau wafat pada 12 Rabi’ul Awwal
241 H (855). Pada hari itu tidak kurang dari 130.000 Muslimin yang
hendak menshalatkannya dan 10.000 orang Yahudi dan Nashrani yang masuk
Islam.
Imam
Ahmad adalah seorang yang miskin. Beliau terpaksa mengambil upah
menjual kain dan membawa barang-barang di jalan untuk menyara hidup.
Beliau sangat mementingkan pendapatan yang halal, justeru beliau tidak
menerima hadiah atau pemberian tanpa membuat kerja. Beliau sangat mementingkan
kebersihan dan kekemasan. Beliau seorang yang pendiam, suka berfikir
dan tegas menentang kemunkaran. Beliau juga tidak sombong atau bongkak.
Beliau mengasihi seseorang kerana Allah. Beliau bergaul dengan faqir
miskin dan selalu memberi bantuan kepada mereka.
Imam
Ahmad menghafal Al-Qur’an dan mempelajari bahasa `Arab. Beliau pergi
mengembara ke beberapa buah negeri untuk belajar seperti Kufah, Basrah,
Syam dan Yaman. Beliau mula belajar hadis ketika berumur 16 tahun.
Beliau menuntut ilmu dari banyak guru yang terkenal dan ahli di
bidangnya. Misalnya dari kalangan ahli
hadits adalah Yahya bin Sa’id al Qathan, Abdurrahman bin Mahdi, Yazid
bin Harun, sufyan bin Uyainah dan Abu Dawud ath Thayalisi. Dari kalangan
ahli fiqh adalah Waki’ bin Jarah, Muhammad bin Idris asy Syafi’i dan
Abu Yusuf (sahabat Abu Hanifah ) dll. dalam ilmu hadits, beliau mampu
menghafal sejuta hadits bersama sanad dan hal ikhwal perawinya.
Salah
satu karya besar beliau adalah Al Musnad yang memuat empat puluh ribu
hadits. Disamping beliau mengatakannya sebagai kumpulan hadits-hadits
shahih dan layak dijadikan hujjah, karya tersebut juga mendapat
pengakuan yang hebat dari para ahli hadits. Selain al Musnad karya
beliau yang lain adalah : Tafsir al Qur’an, An Nasikh wa al Mansukh, Al
Muqaddam wa Al Muakhar fi al Qur’an, Jawabat al Qur’an, At Tarih, Al
Manasik Al Kabir, Al Manasik Ash Shaghir, Tha’atu Rasul, Al ‘Ilal, Al
Wara’ dan Ash Shalah.
Beliau sangat benci dan menentang fatwa terhadap suatu masalah yang tidak asa nash atau keterangan ulama terdahulu di dalamnya. Kekerasan beliau nampak dalam keyakinannya bahwa dalam kejadian harus ada nash atau atsarnya.
Para sahabatnya terfokus pada upaya mengkaji berbagai pendapat beliau
yang tercantum dalam fatwa-fatwanya. Antara `ulama’ yang terkenal yang
menyebarkan mazhabnya ialah Abu Bakr bin
Hani’, Abu Qasim Al-Kharqiy, Muwaffiqu d-Din bin Qudamah, Syamsu d-Din
bin Qudamah Al-Maqdisiy, dan Taqiyyuddin Ahmad bin Taymiyyah. Mazhabnya
tersebar ke Mesir, Iraq, Syria, Hijaz dan Najd.
terimakasih untuk artikel artikel yang bagus
BalasHapusmodifikasi motor bobber style