Home » » Kisah Anak Kerbau dan Induknya Diperkampungan Islam

Kisah Anak Kerbau dan Induknya Diperkampungan Islam

Posted by Kumpulan Catatan Nana Misnara on Selasa, 24 Februari 2015

Diwaktu ba’da Magrhib, terlihat dari kejauhan hamparan sawah dan seekor anak kerbau beserta induknya berjalan perlahan menuju kandangnya....

Berselang beberapa menit, kemudian suara Adzan mengumandang syahdu dari Masjid kecil di pelosok persawahan hingga, mengagetkan si anak kerbau, seraya terperanjat dan mendekati induknya :

Anak kerbau : "Bu, suara apa itu, merdu sekali terdengar di langit???"
Ibu Kerbau : "ooo... itu suara adzan nak..."
Anak Kerbau : "Adzan itu apa bu???"
Ibu Kerbau : "Adzan adalah suara yg dikumandangkan sebagai tanda waktu untuk melaksanakan shalat atau menundukkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah tiba"

Mendengar penjelasan induknya, sang anak kerbau manggut-manggut kepalanya seakan paham tentang adzan...

maka sampailah mereka ke kandangnya..
.
kemudian sang anak kerbau kembali dikejutkan dan merasa ketakutan setelah melihat sekumpulan muslimin memakai baju muslim dan kopiah berbondong-bondong ke masjid …

Anak Kerbau : "Ibu... bahaya bu,,, ada segerombolan makhluk yg akan menghampiri kita."

Ibu Kerbau : "jangan takut anakku... mereka semua hendak pergi ke Masjid untuk melaksanakan sholat."

Anak Kerbau : "Sholat itu apa bu???"

Ibu Kerbau : "Sholat adalah perintah Allah yang wajib dilaksanakan! sebagai rasa syukur kepada-Nya."

Sang anak kerbau kembali manggut-manggut kepalanya tanda mengerti tapi yang namanya masih kecil, ia kembali bertanya :

Anak Kerbau : "Ibu, Allah itu siapa?"

Ibu Kerbau : "Dialah yang menciptakan seluruh makhluk, mengatur alam semesta, langit dan bumi, serta Dialah yang memberikan rizqi kepada kita dan semua ciptaanNya."

Anak Kerbau : "wah... baik sekali Allah itu yah bu...”

sesaat kemudian terdengar lantunan iqamat yg juga mengagetkan si anak kerbau ,,
anak kerbau : “ ibu, suara apa itu bu, kok suaranya mirip dengan suara Adzan bu, tapi sedikit berbeda ???”
Ibu kerbau : “itu suara iqamat nak, itu tandanya sholat berjemaah akan segera dilaksanakan oleh mereka yang sangat mencintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan takut kepada-Nya”

anak kerbau : “ kalo gitu, ayook bu, kita ke Masjid sholat seperti mereka, soalnya kitakan sangat mencintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan sangat takut kepadaNya bu."

Ibu Kerbau : "hahaha anakku... anakku... (seraya terseyum), sholat itu wajib hanya untuk manusia... bukan untuk kerbau."

Anak Kerbau : "ooo gitu yah bu....

sesaat kemudian anak kerbau melihat ada anak bujang sedang asik2 nongkrong dipinggir jalan, dan bapak-bapak tengah main gaplek diwarung yg tak jauh dari kandang kerbau tersebut….

Anak kerbau : “bu lihatlah mereka yg nongkrong sama main gaplek bu! Mereka kok gak sholat bu?? Memangnya mereka kerbau juga ya bu sama seperti kita ??? tapi kok bentuknya beda ya bu ??”

Ibu Kerbau : “hati-hati anak ku, jangan tertipu sama luarnya mereka, mereka luarnya boleh manusia, tapi dalamnya ???? mungkin mereka itu sama seperti kita anakku (sama sama kerbau)”.

anak kerbau : “wah berarti kita saudara dong bu sama mereka, berarti kita boleh donk ya bu ikut nongkorng, sama ikut maen gaplek sama mereka ???”

Ibu kerbau : “wah ternyata anak ibu udah pintar sekarang ya, memang betul kita sodara sama mereka anakku, tapi kita tetap tidak boleh nongkrong apalagi maen gaplek sama mereka, soalnya mereka itu tidak pernah mau menyadari dan mengakui kalo mereka itu juga termasuk golongan kerbau seperti kita”

kesimpulan________:
kita harus hati hati untuk memiliki jodoh dan sahabat, karna jangan jangan jodoh atau sahabat dekat kita tersebut adalah sejenis kerbau yg berwujud manusia.

luarnya manusia tapi dalamnya mungkin sama seperti kerbau, itulah kira kira sebutan yg pantas untuk orang orang yang tidak sholat…
semoga kita bisa terlindung dari sebutan tersebut aamiin...


1 komentar:

Arsip Blog

Entri Populer

Mengenai Saya

Foto saya
Majalengka, Jawa Barat, Indonesia
.comment-content a {display: none;}